Cara Mudah Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut

 Kesehatan mulut dan gigi juga penting untuk mendapatkan perhatian. Hal ini penting diperhatikan bagi setiap orang agar kesehatan gigi dan mulutnya dapat terjaga dengan baik. Paling penting terhindar dari masalah gigi dan mulut.


Apa saja masalahnya? Terdengar umum, seperti sakit gigi, gigi berlubang, gusi berdarah, bau mulut, dan lainnya. Nah, meski terdengar umum, namun bisa sangat mengganggu.


San Diego Cosmetic Dentist


Tips Merawat Kesehatan Gigi

Banyak tips untuk merawat kesehatan gigi secara mandiri.  Berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut:


1. Rajin Menyikat Gigi 

Menyikat gigi dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Dengan rajin menyikat gigi dapat membuat gigi jadi bersih dan sehat, serta menyegarkan mulut. Dianjurkan untuk rutin menyikat gigi minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.


Tidak lupa untuk gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Flouride akan membantu memperkuat gigi dan mencegah gigi berlubang. Selain itu, gunakan sikat gigi baik. Seperti sikat dengan tangkai sikat gigi yang lurus, agar mudah dipegang, juga kepala sikat gigi tidak terlalu besar agar dapat menjangkau seluruh permukaan gigi dan bulu sikat gigi yang lembut, serta permukaan bulu sikatnya rata.


2. Konsumsi Buah-buahan dan Sayur-sayuran

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran sangat baik untuk kesehatan gigi dan mulut. Kandungan buah dan sayuran yang berserat dan berair dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.


Contoh buah-buahan seperti buah apel, pir, semangka, jeruk, dan lainnya. Kemudian contoh sayuran seperti sawi, brokoli, bayam, wortel dan lain sebagainya.


3. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh termasuk kesehatan gigi dan mulut. Dengan minum air putih dapat membantu membersihkan dan meluruhkan sisa makanan yang menempel di permukaan gigi. Maka sebaiknya kita harus rutin minum air putih setiap harinya.


4. Kurangi Makanan Manis dan Melekat

Memelihara kesehatan gigi dan mulut dapat dilakukan juga dengan mengurangi atau membatasi konsumsi makanan manis dan melekat. Konsumsi makanan manis secara berlebihan, dapat menyebabkan gigi rusak atau berlubang. Contoh makanan manis dan melekat seperti coklat, permen, es krim, kue, dan lain sebagainya.


5. Rutin Periksa Gigi ke Ahlinya

Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi dilakukan minimal 6 bulan sekali. Hal ini untuk mendeteksi lebih awal kondisi gigi dan mulut. Jika ada masalah pada gigi, gusi maupun rongga mulut dapat segera diatasi, sehingga kesehatan gigi dan mulut dapat terjaga.


Periksa Gigi Rutin

Jika ada masalah pada gigi dan mulut, sudah sebaiknya kita konsultasi ke ahlinya. Namun lebih baik lagi, jika tidak perlu menunggu adanya masalah pada gigi dan mulut. Jadi masih bisa dipelihara dengan baik secara rutin.


Salah satu manfaat kunjungan rutin adalah pencegahan penyakit. Dokter gigi dapat mengidentifikasi tanda-tanda awal dari masalah seperti penyakit gusi, karies (lubang gigi), dan kondisi lainnya sebelum mereka berkembang menjadi lebih serius.

Safariandmd


Apalagi kini, teknologi kesehatan gigi sudah berkembang pesat. Jadi tidak hanya cukup membuat gigi sehat namun juga dapat memberikan penampilan yang cantik dan menarik. Salah satunya layanan yang diberikan oleh San Diego Cosmetic Dentist.


Hanya dalam dua kali pertemuan dengan dokter gigi, Dr. Safarian dan tim (safariandmd.com) akan memberikan senyuman baru yang indah. Mereka berfokus pada kesehatan gigi namun juga kecantikan, sehingga akan memberikan senyum bahagia.


Lebih lengkap lagi, mereka menawarkan rangkaian prosedur kosmetik kedokteran gigi yang komprehensif. Termasuk pemutihan gigi, veneer, implan gigi, mahkota keramik canggih, kawat gigi bening Invisalign, dan pembentukan kembali gusi.


Kesimpulan, Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Mendapatkan Penampilan Menarik

Jadi, merawat gigi dan mulut dengan sok, tidak hanya gigi yang sehat yang didapatkan. Namun senyuman bahagia juga bisa ditampilkan dengan percaya diri, jika gigi dan mulut terawat. Itulah beberapa cara dalam memelihara kesehatan gigi dan mulut yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Juga, kita bisa mulai memelihara kesehatan gigi dan mulut untuk dapat mencegah penyakit gigi dan mulut. Bonusnya, penampilan jadi lebih menarik dengan senyum bahagia. Oleh karena itu, kita harus selalu memperhatikan kebersihannya, menjaga pola hidup yang sehat agar gigi dan mulut dapat terjaga dengan baik dan juga sehat.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.