Mengenal Pengertian Dan Juga Apa Fungsi Assessment

 Istilah assessment ini bukan lagi hal baru bagi Anda bukan, apalagi sekarang ini baik itu di dunia pendidikan sampai dengan dunia kerja selalu ada yang namanya assessment. Dimana fungsi assessment ini sendiri juga sangatlah penting. Digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan atas pemahaman yang telah diberikan dari suatu hal sebelumnya. Assessment sendiri pada dasarnya juga tidak dilakukan oleh orang sembarangan, melainkan hanya mereka yang sudah punya kompetensi saja, karena ada alat yang digunakan melakukan pengukuran.


fungsi assessment


Pengertian Assessment

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai assessment ini, sebelumnya penting bagi Anda untuk mengetahui sebenarnya apa pengertian dasar dari assessment sendiri, sehingga tidak sampai salah dalam mengartikan. Assessment ini dapat diartikan sebagai sebuah proses pertimbangan atau informasi yang berkaitan dengan individu maupun sebuah situasi yang kemudian dilakukan penilaian. Jadi assessment ini nantinya merefleksikan keberhasilan dalam mencapai sebuah tujuan.


Sebenarnya kegiatan assessment ini sendiri mencakup banyak hal, baik itu dalam dunia pendidikan sampai dengan dalam dunia kerja, dalam konteks atau dunia kerja maka assessment ini digunakan untuk menilai pengetahuan, perilaku sampai dengan keterampilan serta kompetensi karyawan. Dimana nantinya hal tersebut akan dimanfaatkan untuk proses perekrutan, penempatan sampai dengan promosi karyawan serta membantu dalam pengembangan sumber daya manusia.


Assessment ini sering kali digunakan oleh perusahaan dalam menentukan jenis pelatihan apa yang cocok untuk diikuti oleh karyawan, serta mengukur efektivitas tim dan produktivitas yang ada dalam sebuah organisasi secara keseluruhan. Tak jarang perusahaan melakukan kegiatan assessment sendiri secara rutin setiap tahunnya, guna mengetahui peningkatan keterampilan karyawan, dipercayakan oleh sebuah lembaga yang tepat.


Fungsi Kegiatan Assessment

Setelah mengetahui pengertiannya, maka selanjutnya penting bagi Anda untuk tahu sebenarnya apa saja fungsi assessment, mengapa penting dijadikan sebagai bagian yang mendukung perusahaan, berikut ini yang harus diketahui, yaitu:


1. Fungsi Sumatif

Fungsi yang pertama adalah sumatif yang jika dalam konteks pendidikan digunakan untuk menentukan lulus atau tidaknya siswa. Sementara di dalam dunia kerja maka fungsi yang satu ini lebih banyak digunakan untuk melihat lulus atau tidaknya calon karyawan, sekaligus juga mengenai promosi atau kenaikan jabatan. Fungsi ini punya peran penting di dalam mengukur pencapaian akhir yang didapatkan oleh karyawan maupun siswa.


2. Fungsi Formatif

Selanjutnya adalah fungsi formatif yang digunakan untuk mengidentifikasi, melaksanakan penilaian sampai dengan mengetahui kekurangan dan kelebihan agar bisa dilakukan perbaikan. Jadi memang digunakan sebagai alat bahan untuk memandang kebutuhan. Tujuan daripada fungsi yang satu ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai kondisi karyawan, sekaligus juga untuk memberikan motivasi dalam bekerja, sehingga bisa lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya.


3. Fungsi Diagnosis

Ada juga, fungsi yang dikatakan sebagai diagnosis, yaitu digunakan untuk melihat mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing SDM atau karyawan. Jika ternyata ditemukan kelemahan dari sana, maka nantinya bisa dijadikan sebagai langkah bagaimana untuk mengatasinya, sehingga tidak bertambah parah atau buruk.


4. Fungsi Penempatan

Selanjutnya fungsi penempatan, yaitu digunakan sebagai dasar atau acuan untuk membantu karyawan dalam menentukan penempatan kerja secara tepat agar nantinya bisa semakin produktif, pastinya sesuai dengan bidang yang dikuasai.


5. Fungsi Penilaian Keberhasilan

Ada juga yang dikenal sebagai fungsi menilai keberhasilan, dimana fungsi ini digunakan untuk melihat apakah hasil dari kegiatan pelatihan yang dilakukan tersebut sudah berhasil atau belum. Juga digunakan untuk melihat apakah karyawan tersebut dapat menyelesaikan tugasnya dengan baik sesuai dengan target yang telah ditentukan ataukah tidak.


Kesimpulan, Fungsi Assessment dalam Sebuah Perusahaan

Sekarang sudah tahu bukan mengenai assessment, serta fungsi assessment, karena punya peranan penting di dalam sebuah perusahaan. Sehingga tidak boleh asal-asalan dalam mempercayakan kegiatan assessment ini, pastikan hanya dilakukan oleh lembaga yang benar-benar berpengalaman serta terpercaya, seperti diantaranya adalah Prasmul-ELI.


Selain menjadi lembaga assessment, sebenarnya Prasmul-ELI ini juga menawarkan banyak program pelatihan menarik yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Cocok diikuti oleh siapa saja, termasuk diantaranya adalah karyawan, karena ada program pengembangan SDM disini.

22 komentar:

  1. kalau dalam perusahaan assessment emang penting banget kak, soalnya itu berhubungan dengan standar kualitas yang bakal dicapai oleh perusahaan. Tapi kalau sekarang perkembangan assessment lebih baik dari segi metode

    BalasHapus
  2. Pakai assessment jadi bisa mengukur kemajuan karyawan yang udah bekerja dk suatu perusahaan ya, gimana perkembangan dan skillnya

    BalasHapus
  3. Yang aku ketahui soal assessment biasanya akan dilakukan perusahaan saat ingin memperbaharui penempatan untuk staffnya. Atau semacam itu.

    BalasHapus
  4. Assessment adalah alat yang penting untuk membantu guru, pelatih, dan organisasi untuk membuat keputusan yang tepat tentang pembelajaran dan pengembangan.
    Dengan memahami pengertian, fungsi, dan jenis-jenis assessment, kita dapat menggunakan assessment secara efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan.

    BalasHapus
  5. Banyak sekali manfaat assessment bagi sebuah perusahaan, ya. Makanya setuju sekali, saat mengadakan pelatihan assessment, sebaiknya bekerja sama dengan lembaya yang sudah terpercaya dan sudha biasa mengadakan pelatihan assessment. Agar hasilnya maksimal dan membawa dampak positif bagi perusahaan.

    BalasHapus
  6. Saya taunya assessment hanya dilakukan oleh perusahaan diawal perekrutan, ternyata fungsi assessment itu ada banyak ya tidak hanya di awal perekrutan saja

    BalasHapus
  7. Assessment memang sangat bermanfaat untuk pengambilan keputusan yang tepat. Oleh karena itu tidak bisa asal-asalan. Ada Prasmul-ELI yang siap untuk membantu.

    BalasHapus
  8. Hi, kak Atiq.

    Assessment di perusahaan memang gak bisa asal²an yah, harus disesuaikan juga sama kebutuhan karyawan. Jadi, sama² berdampak baik, untuk perusahaan juga karyawan.

    BalasHapus
  9. Kegiatan assesment sangat penting buat kemajuan perusahaan ya. Biar hasilnya maksimal tentu harus diserahkan pada lembaga yang sudah berpengalaman

    BalasHapus
  10. Aku pernah ikut assessment waktu jadi karyawan dan memang benar assessment ini untuk mengukur kemampuan karyawan dan pelatihan apa yang cocok untuk karyawan ikuti. Seru sih lihat hasilnya, kita jadi tahu kemampuan diri kita, cuman pas ngerjain itu loh pusing juga, haha.

    BalasHapus
  11. Banyak ya fungsi assesment ini. Tapi memang perlu sih, bukan hanya di perusahaan tapi juga di lembaga pendidikan.

    BalasHapus
  12. Saya yakin perusahaan manapun ingin mengambil keuntungan sebesar-besarnya
    Dengan banyaknya manfaat assessment bagi sebuah perusahaan, sudah pasti harus memiliki lembaga penyelenggara pendidikan assesmen yang profesional
    Agar hasilnya maksimal dan membawa dampak positif bagi perusahaan.

    BalasHapus
  13. wah ternyata kata assessment digunakan juga ya di perusahaan. selama ini aku tahunya ya di dunia pendidikan aja, karena aku juga menggunakan. ternyata berlaku umum ya

    BalasHapus
  14. Kantor suami juga pake assessment buat kinerja karyawan. Soalnya memang kudu dinilai secara benar-benar biar hasilnya juga valid

    BalasHapus
  15. Pelatihan Assessment menjadi hal yg sangat penting untuk keberlangsungan suatu perusahaan. Karena keputusan yang diambil sudah tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

    BalasHapus
  16. Baru tahu ternyata fungsi assessment itu pny peranan yg sebegitu penting bagi perusahaan. Jadi wajar saja kalau ada perusahaan yg rutin mengadakan assessment untuk karyawan krn memang berpengaruh pd kualitas karyawan dan pada akhirnya berimbas pada kemajuan perusahaan.

    BalasHapus
  17. Penting banget mengetahui hasil assessment yang akurat sehingga ada feedback untuk masa depan yang lebih baik. Bersama Prasmul-ELI, maka bisa diterapkan assessment yang dibutuhkan untuk kemajuan sebuah perusahaan.

    BalasHapus
  18. penting banget assesment ini, engage suatu perusahaan, brand ataupun lembaga jadi meningkat ketika hasil assesment sudah keluar, makanya perusahaan yang menyediakan jasa assesment pun gak boleh sembarangan..prasmul-ELI bisa jadi rekomendasi

    BalasHapus
  19. Banyak sekali ya fungsi dari assesment ini.. dan setuju sih, nggak bisa sembarangan juga memberikan proses ini, harus ke tenaga ahlinya seperti di Prasmul-ELI

    BalasHapus
  20. Ternyata ga bs sembarangan ya kak utk fungsi assessment ini. Perlu ilmu khusus sbg dasar penelitian sesuatu. Soalnya ini kan ilmiah. Jd butuh penilaian dr berbagai batas ilmu utk menentukan sesuatu.

    BalasHapus
  21. Membahas berbagai jenis assessment jadi serasa nostalgia masa-masa kuliah, dan masa-masa menjadi guru dulu. Ini benar-benar hal yang menarik dalam dunia pendidikan

    BalasHapus
  22. Nah yang belum banyak klo di dunia pendidikan itu assesmen buat diagnosa masalah nih, kebanyakan formalitas secara normatif ma sumatif aja

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.